Pages

Tuesday, September 3, 2013

KEPEPET BISNIS atau NIAT BISNIS?

Apa sih yang mendorong kamu untuk sukses?
Atauuu khususnya lagi Apa yang memotivasi untuk sukses berbisnis?
Hehe, mungkin untuk mulai bisnis pun ada yang belum kepikiran ya.

Saya duluuuu adalah orang yang sama sekali tidak melirik bisnis sebagai kemungkinan mencari rejeki. Mau dapet rejeki ya kerja kantoran. Ada waktu tertentu, jam tertentu untuk bekerja.
Motivator bisnis kelas nasional, kelas internasional, tidak cukup memotivasi saya untuk nyoba berbisnis.
Naaah, begitu 'ketemu' motivator DUNIA AKHIRAT, baru deh mulai mikir-mikir pengen bisnis :)

Motivator itu adalah Rasulullah SAW yang bersabda, "Sembilan dari sepuluh pintu rezeki ada dalam perdagangan."

Dueerrrr !!! Masa iya mau nyari rejeki lewat satu pintu doang, padahal kan 9 pintu berarti lebih banyaakkk dan luaasss (walaupun belakangan baru tahu ada pendapat yang mengatakan hadits ini lemah. Terlepas dari itu, ini cukup memotivasi saya pribadi)

Mulai deh coba-coba bisnis. Eh, tapi tulisan ini bukan mau cerita jatuh bangun (halah) saya dalam berbisnis, tapi mau cerita perubahan mindset saya dalam perjalanan bisnis saya.

Nah, kan ceritanya sudah tertarik bisnis, otomatis dong jadi tertarik juga baca-baca pengalaman sukses para pebisnis yang sudah teruji.
Hmmm, Subhanallah ya, semuanya perjuangannya memang LUAR BIASAA. Dan rata-rata punya satu kesamaan : Masa lalu yang susah.

Tanpa bermaksud apapun, saat itu yang terpikir adalah, 'Pantes aja bisa sukses, soalnya KEPEPET, makanya bener-bener berjuang keras untuk bisa mengubah keadaan'.
Dan jeleknya, hal ini membuat saya jadi membenarkan diri sendiri untuk santai saja dalam menjalankan bisnis.
Yah, walaupun orangtua saya bukan orang yang kaya raya, Alhamdulillah untuk makan, biaya sekolah, kehidupan pokok sehari-hari bisa terpenuhi.
Jadi waktu itu terpikirnya, masa lalu saya memang menciptakan saya yang kurang punya fighting spirit dalam bisnis *duh,naif banget ya :(

Titik baliknya adalah saat membaca profil seorang pengusaha sebagai berikut :
Masih muda, memulai bisnis saat kuliah, ayahnya adalah KARYAWAN PERUSAHAAN MINYAK di Qatar! Bahkan ide bisnisnya muncul saat dia mengunjungi ayahnya di Qatar sana!
Weewwww, itu gaji bapaknya aja berapa, kok mau ya dia terjun bisnis? Pas masih kuliah pula
Kok bisa ya dia bela-belain ngembangin bisnis? kenapa gak ngikutin jejak bapaknya aja? 
Berarti blio bukan KEPEPET BISNIS tapi memang NIAT BISNIS.

Di situlah saya tersadar bahwa apapun latar belakangnya, SUKSES adalah HAK dan KESEMPATAN setiap orang yang NIAT dan mengusahakannya.
Dan saya juga belajar bahwa dalam bisnis tidak semata materi an sich yang jadi pertimbangan.
Ada nilai KEMANDIRIAN
Ada nilai KEBERSAMAAN
Ada nilai KEMANFAATAN
Ada nilai KEKELUARGAAN

Dan ketika kemudian terjun berbisnis di ORIFLAME, semakin membuka wawasan betapa ragam latar belakang tidak menjadi halangan untuk sukses bersama-sama.
Ada yang berjuang untuk melunasi hutang
Ada mahasiswa yang merencakan bebas finansial dalam usia muda

Ada yang ingin menghajikan orangtuanya
Ada ibu rumah tangga yang ingin bantu keuangan keluarga
Ada VP perusahaan airline
Ada pelajar
Ada juga yang sudah punya bisnis sebelumnya
Ada menantu dan anak pejabat
Ada dokter
Ada guru
Ada PNS
Ada buruh migran
Ada.. banyaaaakkkkkkk
Ketika sudah diNIATkan dan diUSAHAkan, maka semua bisa diraih..
Dan semua insyaAllah berniat untuk selalu bisa memberi MANFAAT dari bisnis yang ditekuninya.

Di Oriflame, kita tumbuh dan SUKSES BERSAMA



Jadiiii,   apapun latar belakang dan pengalaman masa lalumu, jangan jadikan ALASAN untuk tidak maju.
Setiap orang BERHAK dan LAYAK sukses !!!

* * *

Btw, pada tau ga siapa pengusaha muda anak karyawan minyak tadi? :)
Blio adalah pendiri Kebab Turki Baba Rafi, Hendy Setiono



Siska Lestari Apriani
Independent Manager 15% @ Oriflame Indonesia
SMS/WA 0818808480
PIN BB 27BC710F


No comments:

Post a Comment